online

Kamis, 08 Maret 2012

Trend bisnis melalui raksasa media sosial Facebook dan Twitter



Di era yang serba online ini mulai terjadi peralihan trend berbisnis dari yang dulu masih tradisional sekarang telah menjadi online. Sebenarnya cara berbisnis tradisional masih menjadi primadona para orang yang mengais rezeki dari berbisnis hanya saja melihat prospek yang sangat cerah dan menggiurkan para pebisnis ini berlomba- lomba beralih ke trend bisnis online.

Dari seleksi alam maya (internet) dua media sosial Facebook dan Twitter menjadi primadona media para berbisnis dalam menjalankan usahanya atau membuka lapaknya, karena dari sekian banyak jumlah media sosial yang ada hanya dua ini yang masih eksis dan masih terus berkembang. Dalam artikel ini penulis akan menjelaskan tentang bagaimana pola mengembangkan bisnis online dengan memanfaatkan dua sosial media tersebut serta keuntungan apa saja yang bisa kita dapatkan dari berbisnis dengan metode ini.

1. Memanfaatkan  Facebook sebagai media bisnis online

Hari gini ga punya Facebook? itulah sebuah ungkapan yang menggambarkan betapa besarnya pengaruh media sosial ini dalam kehidupan masyarakat dewasa ini. Hampir semua orang di Indonesia khususnya mempunyai akun Facebook, bahkan satu orang bisa mempunyai dua akun atau lebih. Terlepas dari itu semua peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan sangatlah besar dengan modal yang tidak begitu mahal banyak orang yang mengambil keuntungan lebih dari media sosial ini. Pun dengan bisnis kita, belum terlambat untuk memanfaatkan Facebook sebagai media pemasaran.

Melalui Facebook pebisnis membuat akun Facebook baik berupa Fan page maupun individu, dengan membuat beberapa akun Facebook dan mencari target pembeli dengan cara berteman serta membuat satu akun fan page akan menjadikan ini sebagai langkah awal dalam membangun bisnis melalui facebook. langkah selanjutnya bisa dengan :

- Menambah terus jumlah teman
- Mengupdate/ memperbaharui informasi tentang barang yang di dagangkan
- Menandai akun yang di perhitungkan akan menjadi konsumen
- Memberikan promosi menarik
- Memancing pendapat orang agar merespect baik tentang dagangan
- Merespect baik setiap pendapat menganai dagangan
- Cantumkan testimoni berupa screenshoot dari pelanggan yang pernah membeli barang dagangan.

Keuntungan yang bisa diperoleh :

- Tidak perlu mempunyai website
- Tidak terbatas waktu
- Biaya promosi relatif murah
- Info apapun akan dengan cepat meluas

2. Memanfaatkan Twitter sebagai media online

Tidak jauh berbeda dengan Facebook, melului Twitter keuntungan lebih bisa diambil para pebisnis online ini. Berikut adalah langkah awal memanfaatkan Twitter sebagai media bisnis :

-  Targetkan sebanyak mungkin pengikut yang manjadi segmen pemasaran
-  Tweet di jam - jam yang biasanya banyak pengikut yang sedang online
-  Tweet tentang hal yang bisa membuat pengikut melakukan re- Tweet sebanyak mungkin

keuntungan yang bisa diperoleh :
- Tidak berberda dengan Facebook karena Twitter juga bersifat media sosial


Jadi sudah siapkah untuk berbisnis di Facebook dan Twitter???

























0 komentar:

Posting Komentar